The Seven Habits Of Highly Effective People




TUGAS PENDIDIKAN MORAL DAN KARAKTER
Ditulis oleh :

Nama      : Ridha Fajriah
Kelas      : 2-A
Prod        : S1 Keperawatan


SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN SUKABUMI
KOTA SUKABUMI
2017

7 HABITS OF HIGHLY EFFECTIVE PEOPLE
( 7 KEBIASAAN YANG EFEKTIF BAGI MANUSIA )

 
Mengingat sebentar lagi mendekati hari ulang tahun nya orang yang telah banyak memotivasi banyak orang di mulai orang yang sudah sukses, menuju sukses bahkan orang yang memiliki banyak masalah dengan membaca karya nya memiliki celah untuk memperbaiki nya. Yaitu dengan 7 Habits of highly Effective people.
Ya,,, buku ini adalah  karya dari penulis yang telah banyak menginspirasi banyak orang, beliau bernama Stephen R Covey, yang lahir  pada tanggal 24, Oktober 1923 di Salt Lake City, AS. Mengingat karya yang beliau tuliskan. Aku ingin sedikit meringkas sekaligus memberikan sekaligus salah satu contoh penerapan  di beberapa habits yang akan aku ringkas.
Apa sih itu habits?? Habits yang berarti kebiasaan, kebiasaan disini adalah sesuatu aktivitas yang dikerjakan tanpa perlu berpikir dulu.
Contoh : seseorang dari kecil sudah dibiasakan untuk bangun pagi hingga dia dewasa pun maka yang ia lakukan saat masih kecil masih tetap sama dengan bangun pagi sehingga ini sudah menjadi sebuah kebiasaan yang tanpa harus dipikir dahulu ia melakukan aktivitas bangun paginya karena sudah menjadi sebuah kebiasaan.
Dari kebiasaan ini ada 7 kebiasaan yang paling efektif manusia lakukan yaitu :


  • 1.       Be proactive


Jadilah proaktif yang menjadi kendali seseorang terhadap  lingkungan  dibanding  situasi  sekelilingmu  yang mengendalikanmu. Dan nomer satu inilah yang akan aku coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari ku, aku akan melakukan kebiasaan menjadi seorang yang proaktif pada siapapun, dimanapun, dan kapanpun karena apabila kita sudah membiasakan menjadi seorang yang pro aktif akan ada tanggapan tersendiri untuk kehidupan yang kita jalani.
Dalam sikap be proactive ini saya akan menjadikan pengalaman sebagai pelajaran hidup saya untuk dapat bangkit dan terus semangat dan berpikir keras untuk menghasilkan kreativitas yang baik yang membuat diri saya sendiri mempunyai ciri khas dari kreativitas yang saya ciptakan sehingga semua orang mengetahui jati diri saya dalam kreativitas saya dan yang terakhir adalah tentang bersikap yaitu dengan menanggapi hal yang sulit dalam menjalani kehidupan sikap saya pun harus tetap konsisten  dengan selalu menepati janji , menjadi individu yang jujur, mampu bertanggung jawab dengan apa yang kita tuai dan mampu menghadapi masalah yang ada yaitu dengan tidak terlarut larut dalam permasalahan selalu yakin bahwa sesuatu yang terjadi pada diri kita pasti akan ada hasil nya.
Dan harus tetap yakin dengan kebiasaan sikap yang baik selalu kita tanam kan  akan menghasilkan hasil yang baik pula.



  • 2.       Mulailah Dengan Akhir Di Pikiran


Kepemimpinan Pribadi  Habits ini disebut principles of personal leadership, hal ini mampu mengarahkan dirinya melalui kekuatan dari dalam.
Dan ini menunjukan       bahwa individu maupun kelompok atau komunitas disini adalah orang-orang yang memiliki prinsip-prinsip dan juga nilai-nilai dalam menjalani kehidupannya untuk masa yang akan datang. Sehingga orang ini lebih suka berkomitmen, komitmen disini adalah prinsip-prinsip atau nilai nilai yang mereka buat dikomitmeni oleh mereka untuk dilakukan dalam kehidupannya.


  • 3.       Put first thing first


Dahulukan yang utama habits ini dikenal dengan principles of personal management. Hal ini menunjukan bagi individu yang mampu menunjukan kemampuan dan dapat mendefinisikan persoalan yang dihadapannya dan memprioritaskan masalah itu terlebih dahulu atau lebih tepatnya mencari cara untuk menyelesaikan masalah terlebih dahulu.


  • 4.        Think win win,


Berpikir menang / menang principles of interpersonal leadership. Hal ini menunjukan kepemimpinan hal yang lebih luas bukan hanya untuk diri sendiri melainkan antar pribadi.
Hal positive yang dapat diambil dari berpikir menang menang ini yaitu kita seorang individu tidak bisa selamanya akan mampu berdiri sendiri kita harus dapat meminta bahkan meneriman bantuan dari orang sekitar nya untuk mencapai suatu kemenenangan. Jadi berpikiran menang / menang disini yaitu kita harus mempunyai sebuah prinsip yang baik untuk keberhasilan kita namun dengan mengikut sertakan orang juga agar orang tersebut sama sama mencapai kemenenangannya sendiri.


  • 5.       See First   to Understand  Then  to  be Understood.


Berusaha mengerti terlebih dahulu kemudian dimengerti. Habits ini dikenal dengan principles of empatic  communicatication. Sikap ini banyak menyangkut komunikasi dalam interpersonal. Secara logika mengahragai orang terlebih dahulu kemudian dimengerti adalah hal yang sangat gampang dilakukan dalam kehidupan kita sehari-hari namun di dunia nyata hal ini sangat lah susah karena dengan gangguan ego dan beraneka permasalahan yang mereka hadapi sehingga perindividu hanya ingin dimengert saja tanpa mau menyadari bahwa individu tersebut belum menghargai orang lain.
 Contoh :  saya seorang mahasiswa dan saya mendapatkan tugas dalam mata kuliah PMK  lalu saya menanyakan kepada teman kuliah saya namun berbeda kelas. saat saya menanyakan tugas PMK ini saya sedikit mendesak karena tugas tersebut esok hari harus saya kumpulkan, sehingga saya seperti memaksa teman saya untuk membantu. Dan tanpa saya sadari bahwa teman saya sama sibuknya dengan saya namun dia lebih sibuk karena tugas yang dia dapatkan jauh lebih banyak dari saya. Hal ini lah disebut tidak dapat mengerti situasi dan kondisi seharusnya saya pribadi menanyakan baik baik dan apabila tidak mengerti tentang tugasnya maka tanyakan pada saat jauh jauh hari sebeum tugas dikumpulkan.
Sikap positif yang dapat diambil dari habits ke 5 ini adalah dengan selalu menanyakan pada diri sendiri apakah kita sudah melakukan hal yang terbaik untuk orang orang sekitar kita jika sudah maka orang sesekeliling pun akan memberikan balasan yang baik pula. Apabila ada individu yang sikap nya tidak sesuai harapan kita maka jangan salahkan individu tersebut. Tapi rubah lah sikap kita ke yang lebih baik lagi agar individu tersebut dapat baik pada kita.


  • 6.       Synergize


Habit ini dikenal dengan principles of creative communication. Karena hal ini berhubungan dengan individu yang memiliki kreatifitas yang tinggi sehingga dapat menjalin komunikasi yang baik dalam komunikasi interpersonal.  Sinergis disini yaitu dengan banyaknya perbedaan pendapat tiap orang, yang setiap pendapat nya tersebut ingin selalu diterima dan dipakai. Namun jika kita dihadapkan orang yang bersinergis maka pendapat yang kita tanam dengan pendapat orang lain di jadikan satu sehingga muncul lah pendapat baru yang telah digabung. Inilah disebut sinergis.


  • 7.       Sherpen the show


Mengasah gergaji principles of  balanced self-renewal, yaitu suatu prinsip  pembeharuan seseorang untuk mencapai kehidupan yang seimbang.
Contoh : seseorang yang telah melaksanakan pendidikan nya hingga perguruan tinggi S1, namun dia tetap ingin melanjutkan pendidikannya ke S2 dikarenakan ia ingin lebih mengetahui pengetahuan yang lebih banyak dan dapat memperluas wawasan dalam pekerjaan nya dia kedepan. Jadi sikap dalam mengasah gergaji ini adalah mencerminkan seseorang yang masih ingin menggali untuk menambah kemampuan yang dapat dia lakukan dalam kehidupannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

DO'A POWERFULL ( Memudahkan Segala Urusan)

Kisah Bob Sadino yang memotivasi